Penggunaan TIK sebagai sumber dan media pembelajaran inovatif di sekolah dasar
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek, Menurut puskur kemendiknas (dalam Rusman, dkk (2011)
yaitu:
1. Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
2. Teknologi komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainya.
teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah suatu kesatuan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan dan transfer atau pemindahan informasi antar media. Pengertian lain dari Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah beragam set alat teknologi dan sumber daya yang digunakan untuk berkomunikasi dan menciptakan, menyebarkan, menyimpan dan mengelola Informasi. Definisi yang luas ini TIK termasuk teknologi radio, televisi, video, DVD, telepon, sistem satelit, komputer dan
perangkat keras jaringan dan perangkat lunak; serta peralatan dan jasa terkait dengan teknologi ini, seperti video onferencing dan surat elektronik
Penggunaan TIK sebagai media pembelajaran dapat melalui pemanfaatan perangkat komputer sebagai media pembelajaran yang inovatif. Diharapkan dengan penggunaan media ini dapat merangsang pikiran, perasaan, minat serta perhatian peserta didik sedemikian rupa sehingga proses pembelajaran dapat berjalajan dengan baik. Selain itu, proses pembelajaran akan lebih efektif karena penggunaan TIK sebagai media pembelajaran memungkinkan teratasinya hambatan dalam proses komunikasi guru dengan peserta didik seperti hambatan fisiologis, psikologis, kultural, dan lingkungan.
Jenis-jenis sumber dan media pembelajaran berbasis TIK yang dapat dimanfaatkan oleh guru sekolah dasar dalam proses pembelajaran anatara lain:
1. Komputer
2. LCD
3. Internet
4. CD Pembelajaran
5. E-mail
6. Persentasi Power Point
Kompetensi Penguasaan TIK Bagi Guru Sekolah Dasar
Kompetensi adalah tindakan atau kinerja yang menggambarkan potensi, pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang terkait dengan profesi tertentu Menurut Wijayanti (2011) Standar Kompetensi Guru yang harus dikuasai dalam penguasaan TIK adalah :
1. Mengoperasikan komputer personal dan periferalnya (perangkat pendukung).
2. Merakit, menginstalasi, menset-up, memelihara dan melacak serta memecahkan masalah (troubleshooting) pada komputer personal
3. Melakukan pemrograman komputer dengan salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek.
4. Mengolah kata ( word processing) dengan komputer personal
Kendala Penggunaan TIK Di Sekolah Dasar
Menurut Aka, Kukuh A. (2017).beberapa kendala penggunaan TIK di Sekolah dasar
anata lain:
1. Pengembangan software perangkat pembelajaran berbasis TIK masih relatif mahal. Guru kelas hendaknya memanfaatkan software perangkat pembelajaran berbasis TIK yang diberikan secara gratis oleh pemerintah atau mendownload dari internet sendiri.
2. Memerlukan pengetahuan dan keterampilan pemrograman untuk mengembangkan bahan ajar/software pembelajaran berbasis TIK. Tidak semua guru kelas memiliki kemampuan bahasa pemrograman. Oleh karena itu, diharapkan guru kelas dapat memanfaatkan software perangkat pembelajaran yang sudah siap pakai.
3. Program yang tersedia saat ini belum memperhitungkan kreativitas siswa, sehingga hal tersebut tentu tidak akan dapat mengembangkan kreativitas siswa. Guru perlu menggabungkan pembelajaran berbasis TIK dengan tetap tidak meninggalkan aktivitas yang mengembangkan keterampilan siswa.
4. Mengurangi interaksi antara pengajar dan siswa atau bahkan antara siswa itu sendiri. Guru perlu menggabungkan pembelajaran berbasis TIK dengan tetap tidak meninggalkan aktivitas interaksi siswa antar siswa dan siswa dengan guru.
Referensi
Indonesian Journal of Primary Education. (2018 Desember 28) Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar.
https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/15100/8561

Komentar
Posting Komentar